Perbedaan SIM Perorangan, SIM Umum, dan SIM Internasional

By | Desember 15, 2019
Perbedaan SIM Perorangan, SIM Umum, dan SIM Internasional

Kartukita.Net – SIM A, SIM B, SIM C, dan SIM D – Perbedaan SIM Perorangan, SIM Umum, dan SIM Internasional – Disini kita akan sedikit membahas Penjelasan tentang bedanya SIM untuk orang dan SIM untuk Umum serta untuk SIM Internasional.

Jika Sahabat Kartukita.Net mengendarai motor tentunya harus mempunyai Surat Izin yang disebut dengan Surat Izin Mengemudi (SIM). Pengertian SIM sendiri adalah bukti kompetensi untuk seseorang yang telah lulus uji pengetahuan serta praktek dalam keterampilannya mengemudi di jalan.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), ada beberapa penggolongan SIM dari mulai SIM Perorangan, SIM Umum, dan SIM Internasional. Berikut daftar SIM yang telah digolongkan dibawah ini:

Perbedaan SIM Perorangan, SIM Umum, dan SIM Internasional

SIM Perorangan

  • SIM A berlaku untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B I berlaku untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B II berlaku untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  • SIM C berlaku untuk mengemudikan sepeda motor kendaraan roda dua dengan atau tanpa rumah-rumah dan dengan atau tanpa kereta samping atau kendaraan roda tiga tanpa rumah-rumah.
  • SIM D berlaku untuk penyandang cacat. SIM D satu setara dengan SIM C. SIM D dua setara dengan SIM A

SIM Umum

  • SIM A Umum berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor Umum dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B I Umum berlaku untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B II Umum berlaku untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg

SIM Internasional

SIM yang satu ini sedikit berbeda dengan SIM yang lainnya, proses pembuatan SIM Internasional untuk Warga Negara Indonesia (WNI) hanya bisa dibuat di Korps Lalu Lintas Polri Bid Registrasi dan Identifikasi (Regident) Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional. Lokasi itu beralamat di Jl Letjen MT Haryono Kav 37-38, Jakarta.

Persyaratannya juga sangatlah mudah, Pemohon hanya perlu membawa paspor, SIM Indonesia yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), tiga lembar foto ukuran 4X6 dengan latar belakang berwarna biru, dan materai Rp 6.000. Selain itu siapkan juga foto copy paspor, SIM, dan KTP.

Nah Sudah Jelaskan bagaimana pengelompokan SIM yang ada negara tercinta kita ini ? Jika sahabat Kartukita.Net ingin membuat SIM ? Jadi simaklah baik-baik artikel diatas dan jangan sampai sahabat salah mendapatkan SIM. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *